UBL Gelar Jambore Nasional Bank Sampah 2022

Universitas Budi Luhur resmi membuka Jambore Nasional Bank Sampah 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Universitas Budi Luhur resmi membuka Jambore Nasional Bank Sampah 2022 bertema “Wujudkan Bumi sebagai Rumah Bersama” 14-17 September 2022. Pembukaan Jambore dibuka dengan pawai budaya yang menghadirkan kesenian tradisional Reog Ponorogo dan Palang Pintu serta iringiringan peserta Jambore Nasional Bank Sampah dari berbagai daerah di Tanah Air. 


Rangkaian Jambore Nasional Bank Sampah 2022 yang dimulai tanggal 14 September 2022 ini ditandai dengan upacara pembukaan serta pelepasan burung dara dan penekanan tombol sirene oleh Rektor Universitas Budi Luhur Dr. Ir. Wendi Usino Msc. M.M, Ketua Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti Kasih Hanggoro MBA, perwakilan Provinsi DKI Jakarta, Perwakilan Walikota Jakarta Selatan, Sekretaris kecamatan pesanggrahan, PT. Pegadaian, Kementerian Lingkungan Hidup, Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Selatan dan Suku Dinas Pendidikan Jakarta Selatan.


Universitas Budi Luhur merupakan perguruan tinggi yang sangat peduli dalam pengelolaan kampus ramah lingkungan. Bank Sampah Budi Luhur wujud implementasi wadah pengelolaan sampah hingga tuntas dan tempat sosialisasi lingkungan di masyarakat.


“Tujuan dari penyelenggaraan Jambore Nasional Bank Sampah ini karna Universitas Budi Luhur sebagai Universitas yang konsen terhadap lingkungan dengan moto mendidik insan yang cerdas berbudi luhur, salah satunya adalah bagaimana kita menjadi orang baik, yang bermanfaat bagi banyak pihak. Oleh karena itu semua masyarakat sekitar Universitas Budi Luhur serta siswa-siswi SD, SMP, SMA, SMK, dan tentunya Mahasiswa dan para pegiat lingkungan khususnya bank sampah, kami undang untuk saling berbagi pengetahuan, dan juga bagaimana kita ikut melestarikan alam.” Ujar Dr. Ir. Wendi Usino, M.Sc., M.M.


Beberapa rangkaian acara Jambore Nasional Bank Sampah 2022 antara lain Lokakarya bertemakan “Kebijakan Pengelolaan Sampah Berdasarkan Permen LH” yang juga dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. Talkshow Adiwiyata “Strategi Pencapaian Kepedulian Lingkungan dari Institusi Pendidikan” serta Talkshow Seputar Lingkungan yang diikuti oleh para pegiat lingkungan seperti Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik, Indonesia Plastik Recyle, Forest is Our Friend, Chapter Leader Trash Hero serta para praktisi Bank Sampah di Indonesia.


Selain edukasi dan sharing kegiatan Jambore Nasional Bank Sampah juga diisi dengan berbagai kompetisi lomba bertema lingkungan seperti Fashion Show Daur Ulang dengan menghadirikan juri desainer aksesoris ternama Rinaldi Yunardi yang karyanya telah dikenakan sejumlah artis Hollywood seperti Madonna hingga Ariana Grande. Dan beberapa lomba yang diadakan di Jambore Nasional Bank Sampah 2022 yang melibatkan pelajar sekolah TK, SD hingga SMA dan SMK : Kegiatan Kreasi Sampah, Lomba Melukis Tong Sampah, Lomba Mural, Lomba Fotografi,Lomba Tiktok, Lomba Puisi, Lomba Mewarnai. 


Jambore Nasional Bank Sampah 2022 ini juga dimeriahkan dengan kehadiran Live Akustik Grup Band GIGI yang tampil sebagai bentuk dukungan terhadap kampanye Wujudkan Bumi sebagai Rumah Bersama. Selain itu ada pula Festival Jajanan Nusantara UMKM JakPreneur yang turut berpartisipasi dalam Jambore Nasional Bank Sampah. Rangkaian hari terakhir ditutup dengan Pemberian Hadiah Pemenang dalam Awarding Night dan 


Deklarasi bersama seluruh Bank Sampah di Tanah Air. Universitas Budi Luhur sebagai pelopor Jambore Nasional Bank Sampah 2022 bertekad akan mengglobalkan kegiatan ini sebagai acara tahunan dan selanjutnya Jambore Nasional tahun 2023 akan diselnggarakan di Mandalika, NTB.



Artikel ini bersumber dari : www.republika.co.id.

Tinggalkan komentar