Upacara HUT RI Ke-77, Presiden Joko Widodo Kenakan Pakaian Adat Dolomani dari Provinsi Sulawesi Tenggara

Diposting pada

Upacara HUT RI Ke-77, Presiden Joko Widodo Kenakan Pakaian Adat Dolomani dari Provinsi Sulawesi Tenggara




Inilah pakaian adat Dolomani dari Provinsi Sulawesi Tenggara yang dikenakan Presiden Joko Widodo di Upacara HUT RI ke-77 -Setneg -disway.id

JAKARTA, DISWAY.ID – Presiden Joko Widodo mengenakan baju adat Dolomani dari Provinsi Sulawesi Tenggara saat Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia.

Presiden mengatakan pakaian adat tersebut merupakan ciri khas masyarakat Buton, Sulawesi Tenggara.

“Ini baju dari Buton, Sulawesi Tenggara. Ini baju Dolomani dari Buton, maknanya dicari ke Buton,” tambah Presiden singkat, Rabu 17 Agustus 2022.

BACA JUGA:Hingga Indonesia Merdeka, Jangan Lupakan Jasa Tokoh Tionghoa

Presiden Jokowi muncul ditemani Menteri Sekretariat Negara Pratikno dan sejumlah ajudan yang juga mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah.

Baju yang dikenakan Presiden Jokowi berupa jubah panjang warna merah dengan ornamen putih di sepanjang pinggiran jubah. Presiden juga mengenakan celana merah dengan ornamen putih senada.

Di dalam jubah merah panjang, Presiden Jokowi mengenakan kemeja putih gading berhias payet yang tampak harmonis dengan ornamen jubah. Tidak ketinggalan tutup kepala bundar masih dengan ornamen putih dan sarung berwarna coklat dan putih.

Presiden Jokowi memiliki tradisi mengenakan baju-baju adat pada peringatan HUT Kemerdekaan RI. Pada 2017, Presiden mengenakan pakaian adat Tanah Bumbu, Batulicin, Kalimantan Selatan sedangkan Iriana mengenakan baju adat Minangkabau.


Sejumlah warga Surabaya penggiat Pecinta Budaya Nusantara (PBN) melakukan aksi simpatik dengan menggunakan baju adat Nusantara di jalan Gubernur Suryo, Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jawa Timur, Sabtu 30 Juli 2022. Dalam aksi yang diikuti sejumlah komuni-Julian Romadhon-Harian Disway

Baca Juga :   Kuliner Khas NTT : Ubi Goreng Oebelo Rasa Gurih Kalahkan Ubi Nuabosi Ende

Pada 2018, Presiden Jokowi mengenakan baju Meukeusah dari Aceh lengkap dengan penutup kepalanya. Pada 2019 Presiden Jokowi mengenakan baju adat Klungkung dari Bali baju adat Klungkung lengkap dengan kain batik sebagai bawahan dan penutup kepala.

Pada 2020 Presiden Jokowi menggunakan baju adat Timor Tengah Selatan dari Nusa Tenggara Timur (NTT). Motif Kaif berantai nunkolo.

Motif tersebut sudah dimodifikasi dari bentuk belah ketupat (motif geometris) dengan batang tengah yang berarti sumber air.

Pada 2021 Presiden Jokowi memilih memakai baju adat dari Provinsi Lampung yang terdiri atas baju lengan panjang berwarna putih yang dipadukan dengan celana panjang berwarna putih juga.

BACA JUGA:Ini Filosofi Baju Adat Bangka Belitung yang Dikenakan Jokowi di Sidang Tahunan MPR

Sumber:


Artikel ini bersumber dari : disway.id.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *