Wisata Andrenalin Danau Ranau, Rafting hingga Jetsky

TIMESINDONESIA, OKU SELATAN – Tempat wisata menarik untuk memanjakan diri di Provinsi Sumatera Selatan, bisa mengunjungi Danau Ranau, Kabupaten OKU Selatan. Tempat ini banyak menyajikan berbagai wahana wisata alam yang dilengkapi dengan sarana wisata menantang mulai dari rafting hingga main jetsky.

Arung jeram atau Ranau Rafting, lokasi yang tepat bagi pecinta wisata pemacu andrenalin. Dibalut dengan keindahan daerah berbukit dan lembah membuat Rafting Ranau semakin diminati.

Lokasi ini terletak Sungai Selabung Kabupaten OKU Selatan. Sungai ini arusnya deras dan terhubung dengan objek wisata terkenal Danau Ranau membuat banyak dinikmati bagi para penggila rafting.

Data yang dihimpun, lokasi rafting terbentang dari Kecamatan Banding Agung hingga Kecamatan Mekakau Ilir. Ini Hanya beberapa menit saja dari kawasan objek wisata Danau Ranau.

Untuk mengunjungi kawasan Danau Ranau ini, dari Kota Palembang Ibukota Sumatera Selatan, daerah ini ditempuh dengan jarak sekitar 340 Km atau sekitar 9 jam dengan kendaraan darat.

Namun jika dari pusat Kota Muara Dua, hanya berjarak 55 Km atau sekitar 1,5 jam perjalan dengan melintasi jalan provinsi yang dihiasi perbukitan yang sangat sejuk.

Wisatawan atau penikmat Rafting Noor Ishmatuddin mengatakan padatnya rutinitas membuat kita perlu suasana baru yang mampu memecah kepenatan. Salah satu cara yakni dengan rafting atau arung jeram di Sungai Selabung, Danau Ranau, OKU Selatan.

“Selain menyajikan pemandangan menarik, kita bisa menikmati keindahan Sungai Selabung yang jernih melalui rafting. Sungai Selabung ini airnya sangat jernih yang berwarna biru kehijauan. Di sana juga masih terdapat pepohonan yang masih alami dan terdapat juga hamparan persawahan serta deretan pohon kelapa,”ujar Ishmat tokoh muda asal Banyuasin ini.

Rafting Sungai Selabung ini menjadi wahana wisata favorit di Danau Ranau. Wisata ini telah memiliki kelengkapan rafting yang memadai dan pemandu profesional.

Diketahui, wahana danau Rafting ini mempunyai 2 trek lintasan. Ada lintasan pendek dan ada lintasan panjang. Untuk harga, tiap trek lintasan mempunyai tarif yang berbeda. Untuk trek pendek pengunjung hanya perlu membayar sebesar Rp. 125.000 per orang dan trek panjang sekitar Rp. 250.000 per orang.

Ada beberapa hal yang perlu disiapkan saat bermain rafting yakni selalu gunakan alat keselamatan, karena permainan ini cukup berbahaya dan menantang. 

Kemudian, menjaga kekompakan tim, karena biasanya ketua tim selalu mengarahkan anggotanya saat menemuai masalah besar, seperti batu dan dan medan yang terjal.

Selain Rafting di sekitar Danau Ranau, bisa bisa menikmati panorama Danau Ranau yang begitu mempesona ditambah lagi dengan keindahan Gunung Seminung yang memikat bagi yang mengunjungi daerah paling barat Sumsel berbatasan dengan Lampung barat ini.

Wahana Jetsky di Danau Ranau, OKU Selatan yang digemari pecinta olahraga andrenalin (Foto : Noor for TIMES Indonesia)

Di area Danau Ranau, wahana Jetsky bisa menjadi alternatif untuk menguji andrenalin. Disana bisa keliling danau sembil menikmati keindahan danau terbesar ke-2 di Sumatera ini.

Bermain Jetsky bisa dilakukan melalui pantai bidadari Danau Ranau. Jetsky juga bisa berdua bersama pasangan sehingga bisa menambah keromantisan bersama pasangan.

Untuk ke Pantai Bidadari, pengunjung atau wisatawan dapat menyewa perahu milik nelayan Danau Ranau, tentunya harus pandai menawar. Alternatif lain, bisa melalui jalan darat mengitari bukit dari pangkal Sungai Selabung.

Rafting dan Jetsky merupakan wahana memacu andrenalin yang wajib dicoba jika berkunjung ke Danau Ranau. Wahana Jetsky dikenakan tarif Rp 10 ribu permenitnya. Sementara untuk wahana Banana Boat Rp 25 ribu perorang dengan penumpang maksimal 6 orang dengan bermain selama 2 kali putaran.(*)

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.


Artikel ini bersumber dari : www.timesindonesia.co.id.

Tinggalkan komentar