Wisata di Jawa Barat, Ada 5 Lokasi Menawan yang Menyimpan Kisah Legenda, Layak Untuk Liburan Keluarga

Diposting pada

METRO SULTENG-Jawa Barat terkenal akan cerita-cerita legenda. Berbagai kisah dapat ditemukan dari beberapa daerah, dan hingga kini tak sedikit yang tetap mempercayai kebenaran legenda-legenda tersebut.

Tak hanya itu, beberapa di antara kisah legenda bahkan melekat erat di sejumlah tempat yang sampai saat ini menjadi destinasi wisata bagi masyarakat.

Adanya cerita-cerita legenda tersebut tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Berikut, 5 wisata berbalut cerita legenda yang dapat ditemukan di Jawa Barat yang dilansir dari Dinas Pariwisata Pemerintah Provinsi Jawa Barat

1. Gunung Tangkuban Parahu

Kisah Sangkuriang melekat erat dengan Gunung Tangkuban Parahu. Menurut legenda, gunung ini tercipta akibat kemarahan Sangkuriang yang gagal menikahi Dayang Sumbi.

Sangkuriang tak mengetahui bahwa Dayang Sumbi merupakan ibu kandungnya. Untuk mengagalkan pernikahan itu, Dayang Sumbi memberi syarat agar Sangkuriang membuat perahu dan telaga yang harus jadi dalam semalam dengan membendung aliran Sungai Citarum.

Sangkuriang nyaris berhasil, sebelum akhirnya digagalkan oleh kecerdikan Dayang Sumbi yang membuat waktu seolah-olah sudah pagi. Karena kecewa, Sangkuriang menendang perahu yang dibuatnya dan secara ajaib perahu itu berubah menjadi Gunung Tangkuban Parahu yang dikenal sampai saat ini.

Terlepas dari itu, gunung yang berada di perbatasan Kabupaten Subang dan Kabupaten Bandung Barat tersebut masih tercatat sebagai gunung api aktif. Ada 3 kawah yang bisa ditemukan yaitu Kawah Upas, Kawah Ratu, dan Kawah Domas. Kawah-kawah tersebut terbentuk akibat besarnya letusan gunung beberapa tahun silam. Dari 3 kawah itu, Kawah Ratu paling mudah dijangkau dan menjadi daya tarik utama dari destinasi wisata Tangkuban Parahu.

Artikel ini bersumber dari : www.metrosulteng.com.

Baca Juga :   Menimbang Kembali Harga Tiket Wisata Labuan Bajo
  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *