6 Wisata Gunung di Indonesia yang Wajib Anda Coba

Diposting pada

Wisata Gunung – Indonesia selain terkenal sebagai negara kepulauan, namun juga terkenal dengan negara memiliki wisata gunung aktif dan indah. Tidak sedikit wisatawan tertarik untuk mendakinya. Meski harus melalui medan berat, pemandangan di puncak gunung cukup sepadan dengan usaha dikeluarkan.

Wisata Gunung yang Indah dan Wajib Dicoba

Wisata Gunung
Wisata Gunung

Bagi sebagian orang mendaki gunung adalah ajang untuk mengeluarkan stress. Melihat mata hari terbit bersama dengan udara yang sejuk memang cukup nikmat ketika pikiran sedang lelah. Untuk itu, berikut beberapa rekomendasi wisata gunung yang indah dan wajib dicoba.

1. Gunung Bromo

Gunung Bromo merupakan salah satu gunung terkenal di Indonesia. Memiliki hamparan rumput luas dan biasa disebut bukit teletabis. Selain itu, terdapat juga arena penyewaan kuda di tengah hamparan pasir yang luas.

Tidak hanya dari segi keindahan, Gunung Bromo juga masih erat kaitannya dengan budaya dan istiadat. Karena memang terdapat suku hidup di sekitar Gunung Bromo yang biasa disebut dengan Suku Tengger.

2. Gunung Prau

Gunung Prau adalah gunung berada di kawasan dataran tinggi dieng. Tepatnya di Wonosobo, Jawa Tengah. Sunset di Gunung Prau terkenal dengan keindahannya. Bahkan terdapat beberapa wisatawan berkunjung menyebut bahwa sunrise di Gunung Prau adalah yang terbaik se-Asia Tenggara.

Untuk mencapai puncaknya hanya diperlukan waktu kira-kira 3-4 jam saja. Sehingga sangat cocok untuk pendaki yang masih pemula.

3. Gunung Semeru

Gunung memiliki puncak tertinggi di Jawa ini berlokasi di antara Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang. Gunung yang pernah digunakan untuk syuting film layar lebar 5cm ini memiliki ketinggian 3.676 meter.

Baca Juga :   Dukung Wisata Bahari, INSA Gelar IYF 2022 di Bali

Berhasil menjadi salah satu gunung terindah dengan pengunjung paling ramai di Indonesia. Di Gunung Semeru terdapat sebuah danau yang menjadi danau terindah di Indonesia, yaitu Ranu Kumbolo. Di Depan danau Ranu Kumbolo ini juga terkenal dengan tanjakan yang dinamakan tanjakan cinta.

4. Gunung Kelimutu

Gunung aktif berada du Pulau Flore, NTT ini berasal dari kata “keli” artinya gunung dan “mutu” memiliki arti mendidih. Masyarakat sekitar mempercayai bahwa gunung kelimutu ini merupakan gunung suci yang dapat memberikan kesuburan untuk tanah.

Di puncak Gunung Kelimutu terdapat 3 buah danau yaitu danau tiga warna. Di danau ini terdapat 3 warna air berbeda, yaitu warna air biru, merah dan air putih.

5. Puncak Jaya Papua

Puncak Jaya Papua adalah gunung tertinggi yang ada di Indonesia dengan ketinggian mencapai 4.884 meter. Sangking tingginya, puncak Jaya memiliki salju abadi yang menyelimutinya. Namun lapisan es di puncak Jaya Papua bisa menipis bahkan mengering.

Ini sesuai dengan kesimpulan dari peneliti yang menyatakan bahwa endapan es di Jaya Papua bisa menipis dari tahun ke tahun. Jadi sebelum endapan tersebut benar-benar menipis, apakah Anda ingin mendaki dan melihat keindahannya?

6. Gunung Merbabu

Wisata gunung terakhir ini terletak di Jawa Tengah tepatnya di perbatasan Magelang, Semarang dan Boyolali ini memiliki ketinggian 3.142 mdpl. Termasuk gunung aktif dengan 5 kawah yang indah. Kawah yang dimaksud adalah kawah Condrodimuko, Kombang, Kendang, Sambernyowo dan Rebab.

Mirip dengan Gunung Bromo, Gunung Merbabu juga banyak ditumbuhi dengan bunga edelweis. Di hamparan bunga ini Anda juga dapat melihat gunung merapi juga loh.

Gunung di Indonesia memang memiliki keindahan yang menakjubkan. Tidak hanya terkenal di dalam negeri, namun sudah ke mancanegara sekalipun. Setelah membaca ulasan diatas, apakah Anda tertarik mengunjungi salah satu wisata gunung tersebut?

Baca Juga :   Camat Rappocini Ajak Peserta PKP I Mimika Papua Tinjau Longwis Di Bonto Makkio
  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *