Wisata Kuliner Ikan Felaleo, Nasibmu Kini

Diposting pada

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru

POS-KUPANG.COM,KUPANG – Felaleo merupakan salah satu nama Pasar Ikan di Kota Kupang. Secara geografis, letaknya persis di pinggir jalan Timor Raya di Kelurahan Pasir Panjang atau berada persis di samping Hotel Sotis.

Sekitar lima atau enam tahun lalu, lokasi ini cukup ramai dikunjungi warga untuk memesan atau membeli ikan. Ikan yang dipesan bisa ikan yang masih segar ataupun ikan bakar.  Kondisi tersebut tidak ditemukan saat ini.

Pantauan POS-KUPANG.COM, Sabtu 10 September 2022, lokasi ini tidak ramai. Ada meja tempat menjual ikan dan juga tempat membakar ikan yang masih bisa dimanfaatkan.
Meja itu ada di dalam bangunan seperti los,namun berbentuk bujur sangkar, ada juga bangunan segi empat yang memiliki meja jualan. 

Bangunan berbentuk los itu dengan ukuran  panjang sekitar 15 meter dan lebar sekitar 5 meter. Di dalam bangunan itu dibuat kamar atau bilik yang dibatasi tembok setinggi sekitar 60 cm.

Tempat ini digunakan untuk penjualan ikan, ada juga beberapa bangunan seperti lopo atau pendopo yabg terpisah sebanyak enam buah. Bangunannya berlantai keramik Pendopo ini masih terlihat baik, atap seng masih utuh termasuk plafon.

Baca juga: Kuliner Khas NTT: Perkedel Mentega Susu yang Lembut dan Lezat

Pasar ini, sesuai dengan prasasti yang terdapat di lokasi ini tertulis, diresmikan oleh Wali Kota Kupang, Jonas Salean, S.H,M.Si pada tanggal  26 Maret 2014. Pasar ini dibangun dengan dana Ditjen P2HP TA 2013-2014.

Di sisi bagian utara, ada warga yang berjualan minuman panas, seperti teh dan kopi. Ibu Lina yang ditemui di lokasi ini mengatakan, saat ini suasana di Felaleo itu sepi.

“Karena suasana sepi sehingga penjualan ikan hanya di dalam box dan tidak jual di meja atau di luar  seperti dulu,” katanya.
Meski terlihat sepi, dia mengakui, orang masih ke lokasi itu untuk membeli ikan. “Biasa ada yang masuk datang pesan ikan bakar di kami. Jadi siapa yang mau pesan bisa kami layani bakar,” katanya.

Baca Juga :   Ritus Teing Hang - SorotNTT

Ketua Komisi III DPRD Kota Kupang, Adrianus Talli mengatakan, lokasi itu cukup strategis karena berada dekat jajaran perhotelan.

Baca juga: Dampak Kenaikan Harga Bahan Bakar Minyak BBM, Harga Barang di Kupang Ikut Melonjak

“Saya kira itu lokasinya bagus jika ada pedagang berjualan di sana,” kata Adrianus.

Menurut Adrianus, lokasi itu sudah dibangun beberapa tahun lalu dan perlu diperhatikan pemerintah agar dapat berfungsi kembali seperti semula.
Kuliner di  Felaleo saat ini memang sepi, karena warga yang membutuhkan ikan hampir tidak ada yang datang ke lokasi ini.
Felaleo ini perlu diperhatikan pemerintah agar bisa dikembalikan sesuai fungsinya.(*)

Ikuti berita POS-KUPANG.com di GOOGLE NEWS

FELALELO - Kondisi tempat atau meja bagi para nelayan  di Wisata Kuliner Ikan Felaleo yang terletak di Pasir Panjang, Kota Kupang.
FELALELO – Kondisi tempat atau meja bagi para nelayan di Wisata Kuliner Ikan Felaleo yang terletak di Pasir Panjang, Kota Kupang. (POS-KUPANG.COM/OBY LEWANMERU)


Artikel ini bersumber dari : kupang.tribunnews.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *